Minggu, 11 Juni 2017

Obat Batuk Dewasa Maupun Anak Secara Alami Yang Ampuh



Seringkali kita merasa risih atau jengkel dengan batuk, apalagi batuk yang berdahak itu sangat menganggu sekali. apalagi jika batuk yang kita derita lama pasti akan menyebabkan sakit pada tenggorokan karena batuk yang sangat kronis.
Batuk tidak termasuk kategori sebagai penyakit, melainkan sebuah respon yang diberikan oleh sistem pertahanan tubuh di saluran pernapasan yang dikirim melalui syaraf yang menuju pusat batuk di otak untuk mengeluarkan makanan, asap, debu, lendir dan lain-lain yang berada di dalam reseptor batuk seperti pada saluran pernapasan, hidung dan telinga.
selain batuk berdahak ada juga yang tidak berdahak. Batuk yang berdahak sangat mengganggu sekali dan perlu pengobatan yang segera. Cara mengobatinya selain menggunakan obat dari pabrik, juga bisa menggunakan obat tradisional batuk berdahak.

Seperti yang dikutip dari beberapa situs kesehatan seperti KlikDokter juga Alodokter, bahwa infeksi saluran pada pernapasan terjadi karena terkaman virus atau bakteri. Tidak hanya infeksi saja, penyebab batuk juga bisa disebabkan dari faktor lainnya.
Taukah anda apa itu Partusis atau batuk rejan? Yap, penyakit yang gejalanya ditandai dengan demam, flu dan terutama batuk yang membuat seseorang menjadi kesulitan dalam bernapas. Batuk rejam ini dapat terjadi hingga berminggu-minggu.

Obat Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal
Dengan menggunakan obat tradisional sudah pastinya lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat dari pabrik yang mengandung bahan kimia. Hanya saja kita perlu membuat sendiri obatnya. Sebelum mengetahui apa saja obat batuk berdahak tradisional, ada beberapa tips bagi yang mengalami sakit batuk berdahak.

Penderita batuk berdahak sebaiknya menghndari tempat yang banyak debu dan juga dingin. Karena kedua tempat tersebut adalah penyebab timbulnya batuk. Jaga tubuh untuk selalu hangat dengan menggunakan jaket atau selimut. Selalu mandi dengan air hangat. Dan perbanyak minum air putih setidaknya 7-8 gelas per hari. Itulah beberapa pencegahan untuk menghindari sakit batuk.

Beberapa resep obat tradisional untuk sakit batuk berdahak antara lain:
1.Jahe
Kita sudah mengetahuinya, bahwa jahe dapat memberikan kehangatan bagi tubuh. Selain itu, Anda juga dapat merasakan manfaat jahe bagi tubuh secara langsung dengan mengkonsumsinya dalam bentuk cair, seperti wedang jahe atau susu jahe. Saat menelahan olahan jahe tersebut, pada tenggorokan akan terasa hangat.
Jahe memiliki kandungan antihistamin dan kemampuan decongestant yang dimanfaatkan oleh praktisi medis dalam meredakan gejala demam dan flu. Tidak perlu berpikir panjang, Anda bisa segera membuat jahe dengan mendidihkan 12 iris jahe dalam tiga gelas air selam 1/4 jam, lau angkat dan saring, kemudian tambahkan perasan lemon dan sesendok madu, minumlah saat masih hangat.

2. Daun sirih
Daun sirih secukupnya direbus dengan dicampur potongan jahe. Lalu air rebusan tersebut diminum sehari sekali agar tubuh tetap hangat dan juga sehat.

3. Jeruk Nipis dan Kecap
Obat batuk tradisional
Kecap dan jeruk nipis obat batuk
Cara menggunakan jeruk nipi dan kecap dalam mengobati batuk secara turun temurun masih dipercaya juga sering digunakan oleh masyarakar kontemporer. Memang benar, sebagian orang mengaku bahwa batuk yang dialaminya dapat sembuh dalam waktu yang singkat hanya dengan mengkonsumsi jeruk nipis dan kecap secara rutin. Berikut cara membuatnya.

- Siapkan 1 buab jeruk nipis dan kecap secukupnya juga sendok makan.
- Kemudian peras jeruk nipis di atas sendok, lalu tuangkan kecap sedikit saja.
- Campurkanlah kedua bahan tersebut sebelum meminumnya.
- Minumlah dua sampai tiga kali dalam sehari selama batuk belum berhenti.

4. Kencur
Kencur yang sudah dibersihkan dan dikupas, diparut hingga mengeluarkan sari airnya. Peras dan tambahkan sedikit garam dan air. Lalu aduk hingga rata. Setelah itu minum ramuan tersebut sebelum tidur dan setelah sarapan. Maka batuk berdahak akan sembuh.

5. Kacang Almond
Belum banyak yang mengetahui, bahwa biji atau kacang almond ini dapat mengatasi batuk. Berikut cara menghilangkan batuk secara alami dengan menggunakan kacang almond.

Sediakan 8 butir kacang almond.
Kemudian rendam di dalam air selama 12 jam. Merendam kacang almond bisa saat malam hari sambil ditinggal tidur.
Haluskan kacang almond dengan menumbuknya hingga menjadi pasta yang lembut.
Lalu tambahkan 1 sdt mentega.
Buatlah jadwal untuk mengkonsumsinya tiga hingga empat kali dalam sehari.
Konsumsi pasta ini hingga batuk hilang.

6. Buah Anggur
Anggur adalah salah satu buah yang dapat menyembuhkan batuk berdahak. Anggur memiliki sifat ekspektoran yang mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan di dalam saluran pernapasan. Agar dapat mengurangi rasa jenuh, Anda juga bisa mengkonsumsi anggur dalam bentuk cair, seperti dijus.

7. Lemon
Buah lemon tentu berbeda dengan jeruk nipis, tetapi keduanya ini memiliki manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan batuk. Anda bisa mencoba ramuan alami yang cukup unik ini dengan cara mengkonsumsinya. Barikut langkah-langkahnya.

Siapkan 1 buah lemon, lalu belah menjadi dua bagian atah Anda mengirisnya sesuka hati Anda. Pada bagian daging, taburi merica bubuk dan juga garam. Cara untuk mengkonsumsinya yaitu dengan menghisap lemon hingga cairannya pada tiap irisan menjadi berkurang.
Mungkin dalam hal ini terkesan memaksa, tepi memang seperti itu adanya. Atau, Anda juga dapat mencoba cara lain untuk mengkonsumsi lemon untuk mengobati batuk. Yaitu dengan menjadikan lemon sebagai jus hangat, untuk memberikan rasa manis, berikan tambahan madu jangan gula.

Selain bahan alami di atas, ada bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai obat herbal dan obat batuk berdahak tradisional. Yaitu belimbing wuluh, bunga mawar, daun asam muda, dan tanaman serai. Belimbing wuluh yang telah ditim bersama gula, air dan juga beberapa butir ada, disaring lalu diminum. Begitu juga dengan bunga mawar. Ditim dengan air dan dicampur dengan gula batu secukupnya. Lalu diminum dua kali sehari. Tag : obat batuk tradisional untuk dewasa, obat batuk tradisional, obat batuk berdahak, obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa, obat batuk berdahak tradisional, Obat tradisional batuk berdahak, obat herbal batuk berdahak, obat batuk berdahak alami, obat alami batuk berdahak, obat batuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar