Jumat, 16 Juni 2017

Jenis Sakit Mata dan Cara Mengobatinya Yang Benar


Ada berbagai cara untuk mengobati sakit mata merah dan melekan, sakit mata adalah suatu penyakit atau gangguan pada mata yang bisa membuat mata terasa perih atau sakit. sakit mati tidak termasuk golongan pada yang mematikan. sakit mata sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit mata juga menyebabkan menurunnya rasa percaya diri seseorang.

Banyak orang bertanya apakah penyakit mata itu bisa menular? banyak orang juga beranggapan bahwa penyakit mata itu bisa menular jika mereka saling bertatapan mata antara penderita sakit mata dengan yang tidak sakit mata. tetapi itu dibantah oleh dokter ahla mata, bahwa sakit mata mempunyai beraneka ragam jenis penyakit, ada yang bisa menular dan tidak.

Inilah ada beberapa penyakit tentang sakit mata dan membedakan antara penyakit mata yang bisa nular dengan yang tidak. Jenis dan Penyebab Gejala Sakit Mata
1. Jenis Viral Conjunctivitis
Viral Conjunctivitis adalah gangguan mata yang dikarenakan oleh virus dan termasuk jenis sakit mata yang menular. tapi tenang, sakit mata jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus, karena jika dibiarkan dalam beberapa hari dan lama lama saja akan sembuh dengan sendirinya. Ciri-cirinya adanya cairan bening dan encer dari mata.

2. Sakit mata karena bakteri
Untuk sakit mata ini dikarenakan oleh adanya infeksi bakteri dan termasuk kedalam jenis sakit mata yang lumayan serius juga, sebab jika tidak diobati dengan baik dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. inilah perbedaan antara sakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri yaitu terletak dari bentuk cairan yang dikeluarkan. Tandanya Jika viral konjungitivitis ditandai dengan adanya cairan bening dan encer sekali, maka tanda konjungtivitis bakteri ini sebaliknya yaitu ditandai dengan adanya cairan yang kental berwarna seperti kekuningan atau yang lebih kita kenal dengan belek (blobok). Persamaannya yaitu sama-sama jenis sakit mata yang menular.

3. Jenis Sakit mata karena Alergi
Pada gangguan ini mata ini akan disebabkan oleh alergi seperti debu, serbuk sari atau pun bulu hewan peliharaan dll yang menyebabkan mata anda bisa alergi. Sakit mata jenis ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. tetapi, penyakit yang ini tidak termasuk kedalam kategori sakit mata yang menular. dan penyakit mata jenis ini biasanya bisa ditandai dengan adanya rasa gatal pada mata.

4. Sakit mata karena iritasi
Sakit mata ini lumayan menjengkel kan karena sakit mata ini bisa datang secara tiba-tiba.Sakit mata jenis ini yang disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan debu. Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental kang juga ya cair saja, untuk kesembuhannya biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari namun bisa juga lebih. Biasanya mata iritasi terjadi saat anda pergi naik motor dan seperti kelilipan tetapi tidak ada yang ngelilip

Cara Mengobati Sakit Mata Berdasarkan Penyebabnya
1. Viral Conjunctivitis
Untuk mengobati jenis sakit mata ini anda bisa menggunakan obat tetes dan salep anti biotik. Jika obat yang digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja jika tidak cocok maka sebaliknya. Yang perlu anda ketahui dan ini sangat penting, sebelum menggunakan obat tetes atau salep, terlebih dahulu anda berkonsultasi dulu dengan dokter agar anda dapat saran dan petunjuk yang tepat.

2. Sakit mata karena bakteri
Kalau yang ini tidak memerlukan penanganan khusus sebenarnya. Gangguan pada mata ini yang disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu yang tidak lama mungkin paling lama 30hari untuk penyembuhan. Paling anda cuma akan memerlukan obat antivirus dari dokter yang menyatakan bahwa sakit mata yang anda derita diakibatkan oleh virus herpes simplex.

3. Sakit mata karena Alergi
Jika sakit mata yang anda alami itu disebabkan oleh alergi, maka anda bisa gunakan obat tetes saja cukup. Tapi sebelumnya, anda harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, Agar mendapat penanganan khusus dan petunjuk perawatan yang tepat. dan Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mencegah atau mengurangi alergi mata tersebut.

Ingat cara diatas bukan cara alami, silahkan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum membeli obat yang mungkin kurang tepatnya. setelah itu jika dokter sudah merekomendasikan obatnya bisa anda beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar