Minggu, 18 Juni 2017

Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya Secara Alami


Asam urat bisa menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Umumnya terjadi bagi orang yang berusia 40 tahun ke atas. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian tubuh, biasanya persendian yang terserang antara lain : sendi jari tangan, tumit, jari kaki, siku, dengkul dan pergelangan tangan. Rasa sakit yang ditimbulkan akibat asam urat ini sangat luar biasa. Bahkan, tubuh yang terserang oleh penyakit ini akan mengalami pembengkakan dan peradangan.

Asam urat merupakan manifestasi dari metabolisme zat purin yang terbentuk seperti kristal-kristal. Kita dapat menemukan zat purin tersebut di dalam makanan yang kita makan, baik yang berasal dari makhluk hidup maupun tumbuh-tumbuhan. Jadi, jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka zat purin inilah yang nantinya berpindah ke dalam tubuh kita.

Nah, pada setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh nantinya diolah melalui proses metabolisme yang akan menghasilkan asam urat. Maka dari itu, setiap orang pastinya memiliki kadar asam urat tersendiri. Namun, kadar asam urat yang tinggilah yang dapat berbahaya bagi tubuh manusia.

Untuk mengatasi penyakit asam urat, bisa dengan obat-obatan yang disarankan oleh dokter. Tapi, ada juga cara untuk mengatasi asam urat secara alami yang bisa Anda manfaatkan secara aman dan efektif. Tetapi, sebelumnya anda harus mengenali gejala-gejala asam urat berikut ini :
– Badan akan merasa capek dan badan terasa pegal-pegal
– Nyeri-nyeri di bagian otot, persendian pinggang, lutut, punggung, pundak, dan bahu. dan Ditandai dengan timbulnya pembengkakan pada rasa sakit itu, kemerahan serta rasa nyeri yang sangat pada bagian persendian tadi baik di pagi maupun saat malam hari.
– Sering kali buang air kecil di pagi hari saat bangun tidur, maupun pada malam hari. Biasanya lebih sering di malam hari.
– Muncul adanaya rasa linu dan kesemutan yang sangat parah sekali
– Penderita akan mengalami kesulitan untuk membuang air kecil.

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, berarti tandanya kadar asam urat dalam tubuh anda meningkat. Solusinya adalah Anda harus segera konsultasikan keluhan Anda pada dokter agar diberi penanganan secara tepat dan cepat!

Nah, bagi anda yang mengalami gejala-gejala seperti diatas bisa anda mencoba ramuan herbal dibawah ini :
1. Ramuan tradisional cengkeh dan ubi jalar merah
Silahkan siapkan bahan-bahan terlebih dahulu seperti 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah, 1000 ml air, dan 200 gram ubi jalar. Cara membuatnya yaitu, rebus semua bahan tadi ke dalam 1000 ml air, didihkan hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya. Namun, untuk ubi jalar sendiri bisa Anda konsumsi secara langsung (dimakan).

2. Daun salam
Cara membuatnya cukup mudah Bahan-bahannya pun juga mudah didapatkannya, untuk bahan-bahannya adalah 10 lbr daun salam dan 2 gelas air. Caranya untuk membuatnya, rebus 10 lbr daun salam yang sudah dibersihkan ke dalam 2 gelas air, lalu didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya secara rutin, sebanyak 2 kali sehari.

3. Buah pare
Memang rasa buah pare sangat pahit sekali, tetapi didalam buah pare tersebut banyak banget manfaat yang dapat kita peroleh. untuk membuatnya juga cukup mudah sekali.
Bahannya: 1 buah pare, 2 gelas air. Caranya yaitu dengan membuang biji buah pare, setelah itu cuci bersih buah pare dan potong-potong, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan pare tadi. Minum secara teratur 1 kali sehari.

4. Campuran daun sosor bebek, cengkeh dan jahe
Campuran ini atau 3 campuran ramuan herbal ini sangat bermanfaat sekali untuk mengobati penyakit seperti asam urat untuk membuatnya sebagai berikut :
Siapkan dulu Bahan-bahannya 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 4 lbr daun sosor bebek, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, jahe 10 gram, dan 600 ml air. Caranya yaitu rebus semua bahan yang sudah dibersihkan ke dalam 600 ml air bersih, lalu didihkan hingga tersisa 300 ml air. Kemudian saring air rebusan tadi, dan minum ramuannya hingga 3 kali sehari secara teratur. Minum 300 ml air ramuan tadi dibagi 3 kali untuk satu kali minum. Yaitu masing-masing 100 ml air.

Itulah, Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya Secara Alami Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar