Minggu, 18 Juni 2017

Cara Untuk Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Dengan Alami


Radang tenggorokan merupakan kondisi tenggorokan yang terinfeksi oleh bakteri, pada kondisi ini tenggorokan akan mengalami iritasi, peradangan, suara serak, batuk, terasa sakit bahkan sampai gatal pada tenggorokan.
Radang tenggorokan merupakan gejala awal dari penyakit saluran pernapasan. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini sepele. Tetapi, jika dibiarkan terus dapat fatal.

Nah, ini penyebab dari radang tenggorokan yang anda derita
Bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan adalah Streptococcus Pyogenes yang dikenal sebagai kelompok streptokokus A. Bakteri ini dapat menular dengan siapa saja yang daya imunnya kurang tebal dan dapat menyebar melalui udara ketika anda batuk dan bersin. Bakteri ini juga bisa menular melalui minuman, makanan, dan barang-barang yang sudah terinfeksi oleh bakteri ini.

Tanda-tanda umum Gejala Radang Tenggorokan, antara lain sebagai berikut:
- Tenggorokan akan terasa sakit
- Amandel akan membengkak dan menjadi berwarna merah. Terkadang sampai ada bercak putih dan ada lapisan nanah pada amandel
- Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
- Susah untuk menelan, bahkan sampai air liur pun
- Kelenjar getah bening pada leher akan membengkak dan menjadi besar
- Badan panas dan demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius
- Mengalami Sakit kepala
- Badan akan terasa lelah
- Nyeri-nyeri dan bengkak pada persendian
- Biasanya perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah

Beberapa ramuan herbal untuk mengobati radang tenggorokan antara lain :
1. Teh jahe
Untuk mengobati radang tenggorokan anda bisa menambahkan potong jahe satu inci kurang lebih, yang dimemarkan sedikit dan kemudian direbus selama dua hingga satu menit. Lalu, bisa dicampur dengan teh atau cuma ditambahin gula atau madu saja yang telah Anda buat.

2. Teh chamomile
Teh chamomile hangat dipercaya juga dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan. Seduhlah dua kantung atau tiga kantung teh chamomile dengan satu cangkir air yang telah mendidih. bisa anda tambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam
Ramuan ini sudah turun temurun dari nenek moyang kita bahwa tanaman herbal ini sangat efektif dapat mengobati rasa sakit pada tenggorokan. Caranya campurkan satu sdt garam dan kunyit satu siung dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari. bisa anda rebus atau kunyitnya bisa anda haluskan dengan parut atau blender.

4. Daun Kemangi
Bisa dengan rebusan kemangi dan berkumurlah terus minumlah air rebusannya, karena rebusan kemangi dapat meredakan sakit tenggorokan.

5. Madu dan lemon
Minuman ini selain membuat daya tahan tubuh kita kuat juga dapat menjadi obat yang ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi rasa sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik yang alami. Sebaiknya jangan memberikan madu pada anak dibawah usia 2 tahun.

6. Makan Bawang Putih
Bawang putih mempunyai kandungan senyawa allicin yang dapat membunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah dan memakan bawang putih untuk mengeluarkan senyawa allicin agar tenggorokan anda mereda.

7. Jus buah belimbing
Khasiat dari Buah belimbing ternyata dapat menjadi anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 grm buah belimbing yang sudah panen atau yang sudah manis, lalu dibuat jus dan diminum yang segar.

Itulah Cara Untuk Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Dengan Alami, yang bisa anda buat dengan mudah dirumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar