Jumat, 07 April 2017

Biji Jintan


Biji Jintan merupakan tumbuhan menjalar yang bijinya dapat digunakan untuk rempah-rempah dan obat-obatan. Biji tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk masakan India. Tanaman ini banyak dibudidayakan di India dan Asia Tenggara. Rasanya lebih dekat kepada kelabat atau klabet dari pada jenis rempah lain.




Manfaat jintan hitam sejak dahulu diyakini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Nama lainnya dari herbal ini adalah Habbatussauda atau kita kenal sebagai jintan hitam. Bagi umat muslim, penggunaan jintan hitam ini sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.  Lebih dari 2000 tahun, negara bagian timur tengah menggunakan jintan hitam sebagai media pengobatan. Dalam bidang akademis, jintan hitam sudah diteliti dan membenarkan khasiat jintan hitam yang hebat.

Kandungan Biji Jintan

1. Oleat (Omega 9), Linoleat (Omega 6), Linolenat (Omega 3)
2. Minyak-minyak volatile atau minyak esensial
3. Fitosterol
4. Alkaloid (Nigelleine dan Nigellamine-n-oxide)
5. Asam-asam Amino

Manfaat Dan Cara Pengolahan Biji Jintan

Untuk suplemen kesehatan
Untuk suplemen gizi
Caranya : anda bisa mengambil setengah sendok teh minyak biji jintan atau ekstrak yang diminum tiga kali sehari .

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut penelitian, 1 gram kapsul jinten hitam yang diminum dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T antara positif dan negatif hingga 72 % . Dengan demikian akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengobati alergi
Jinten hitam dapat mengobati alergi karena jintan hitam memiliki protein kinase C, substansi yang dikenal menghambat pelepasan histamin .Penggunaan jintan hitam bisa menguerangi reaksi alergi  dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping.
Caranya : ambil secangkir air hangat, satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam. Campur dan minum pada saat di pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam. Selama pengobatan, hindarilah makanan dingin dan alergen .

Mengobati kanker
Asam lemak dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker.
Caranya : campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh Minyak biji jintan. Minum sebanyak tiga kali sehari, dan mungkin akan berlangsung selama empat puluh hari . Selain itu, Anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada daerah yang terkena kanker.

Mengobati gangguan pencernaan
Untuk mengobati gangguan pencernaan
Caranya : ambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam dan dicampur dengan secangkir susu. Minumlah campuran tersebut dua kali sehari. Atau, Anda juga dapat mencampurkan satu sendok bubuk jahe dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak biji jintan.

Peradangan sendi (arthritis)
Zat Thymoquinine pada jintan hitam adalah obat anti – inflamasi yang efektif . Untuk mengobati peradangan di pergelangan kaki atau persendian lain
Caranya : ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu dan setengah sendok teh minyak jinten hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat pada bagian yang meradang .

Mengobati mata yang penglihatan berkabut
Caranya : 2 sendok teh penuh jintan hitam dicuci. Seruas ibu jari bangle, seruas ibu jari kunyit, semua dikupas dan dimemarkan. Rebus dengan setengah gelas air sampai airnya tinggal setengah dari semula. Saring dan minum.

Menghilangkan keputihan
Caranya : Sesendok teh penuh jintan hitam dicuci dan dilumatkan, 2 - 3 iris empu kunyit, 7 helai daun sirih yang tulang-tulang daunnya bertemu, dicuci dan direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 1x sehari sedikitnya selama sebulan.

Menghilangkan keputihan pada gadis remaja
Caranya : 2 sendok teh penuh jintan hitam, 3 tangkai pucuk beluntas, sedikit garam. Semua dicuci, dilumatkan. Beri segelas air. Saring dan peras dengan kain. Diminumnya pagi-pagi sebelum sarapan. Setelah sempuh pun sebaiknya sekali-sekali minum ramuan ini.

Manfaat Jinten hitam menyediakan pasokan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda. Bahan ini memainkan peran penting dalam mempertahankan kesehatan seseorang. Ia juga membantu mengatur metabolisme, membawa racun ke permukaan kulit untuk dikeluarkan, menyeimbangkan kadar insulin, mengatur kolesterol, meningkatkan sirkulasi tubuh, dan meningkatkan fungsi hati yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar