Selasa, 18 April 2017

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya.
Kandungan Kencur
  • Pati (4,14 %) 
  • Mineral (13,73 %) 
  • Minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa :
- Sineol
- Asam metil kanil dan penta dekaan
- Asam sinamat
- Etil ester
- Borneol
- Kamphene
- Paraeumarin
- Asam anisat
- Alkaloid 
  • Gom

Manfaat Dan Cara Pengolahan Kencur

Menyembuhkan Batuk Biasa
Cara I: 3 potong kencur masing-masing sebesar jari dicuci, dikupas, diparut. Beri setengah gelas air dan sedikit garam. Peras dengan kain. Diminum setiap pagi dan sore, masing-masing 1 resep.
Cara II: Sepotong kencur sebesar jari, dicuci, dikupas dan dikunyah-kunyah sampai lumat, sambil airnya ditelan. Dilakukan setiap pagi.
Cara III: Sepotong kencur sebesar jari dicuci, diparut. Diberi 2 sendok makan air. Diperas airnya dengan kain. Cukup untuk 1x minum. Sebaiknya, sehari minum 2x selama beberapa hari. Resep ini juga bisa digunakan untuk sakit perut. Pada anak-anak cukup setengah dosis.

Menyembuhkan Batuk Asmatis
Cara I: 3 potong kencur masing-masing sebesar jari, 7 tangkai patikan kerbau (Euphorbia hirta L.), 1 cangkir daun pegagan/antanan. Semua dicuci dan dihaluskan. Beri 1/2 gelas air. Saring. Supaya rasanya lebih enak, beri gula batu. Diminum 1x sehari sebelum sarapan. Ulangi sampai sembuh.
Cara II: Sepotong kencur sebesar jari beberapa helai daun sirih, dan beberapa batang akar alang-alang dicuci. Kencur dilumatkan. Rebus semua dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Beri gula batu. Kalau akan diminum, beri sedikit air jeruk nipis. Minum pada sore hari.

Menyembuhkan Bengkak
Cara I : Kencur dicuci, dilumatkan, ditempelkan ke tempat yang bengkak. Balut. Ganti dengan ramuan baru 2x sehari.
Cara II: Sepotong kencur sebesar jari, 1/2 biji pinang, asam kawak sebesar telur buruh purung puyuh, 5 helai daun dadap, semua dicuci dan dilumatkan. Tempelkan ke bagian yang bengkak, lalu balut. Ganti dengan ramuan baru 2x sehari.

Menyembuhkan Jerawat
Sepotong kencur sebesar jari, sepotong teulawak sebesar jari, 5 butir jintan, dicuci, dilumatkan bersama sebuku jari asam kawak dan gula aneh. Seduh dengan segelas air. Setelah suam-suam kuku disaring dengan kain dan diberi air jeruk nipis. Minum pagi hari.
Selain itu juga harus dibarengi dengan kebersihan kulit wajah. Sebelum tidur, wajah dicuci dengan air aam kawak atau dengan air jeruk nipis.

Menyembuhkan Nyeri Haid
2 potong kencur masing masing seibu jari, dicuci, diparut. Rebus dengan 2 gelas air bersama sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan 1/2 sendok teh adas sampai airnya tinggal setengah. Saring. Untuk diminum separuh pagi, separuh sore.

Menyembuhkan Sakit Perut Saat Diare
2 potong kencur masing-masing sebesar jari, 3 bawang merah, dikupas, diparut. Bungkus dengan daun pisang, lalu garang di atas api beberapa menit. Hangat-hangat dioleskan ke perut yang sakit.

Menyembuhkan Masuk Angin
Sepotong kencur dicuci, dikupas, dimakan sebagai lalap. Lakukan 2x sehari.

Menyembuhkan Migrain
Sepotong kencur sebesar jari, sepotong jahe 3 cm, lempuyang sebesar jahe, 1/2 sendok teh adas, sepotong pulasari ukuran 5 cm. Semau dicuci, dilumatkan. Beri 6 sendok makan air, saring dengan kain. Supaya lebih enak, beri madu. Untuk diminum 3x sehari, masing-masing 2 sendok makan.

Menyembuhkan Pilek
Sepotong kencur sebesar jari, 2 bawang merah dikupas, dicuci dan diparut. Beri 3 sendok makan air. Airnya diminum. Ulangi 3x sehari.

Menyembuhkan Pegal Linu
7 potong kencur sebesar jari dicuci, dikupas, dimemarkan, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Kira-kira 2 ons gula aren direbus dengan 2 gelas air sampai larut, saring. Dua potong jahe masing-masing sebesar ibu jari dicuci, dikupas, dimemarkan. Lima butir kapulaga dicuci. Dua sendok makan penuh beras dicuci, diangin-angin sampai kering, disangrai, dihaluskan, diayak.

Kencur merupakan jenis tanaman herbal yang dapat dijadikan bumbu berbagai jenis masakan di indonesia, selain itu khasiatnya bagi kesehatan juga tidak kalah baik yang dapat membantu berbagai masalah pengobatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar