Kamis, 13 April 2017

Buah Mengkudu


Mengkudu tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.
Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat obatan



Kandungan Buah Mengkudu

  • Zat Nutrisi
    Buah mengkudu mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin dan mineral penting seperti selenium yang merupakan antioksidan yg sangat baik
     
  • Senyawa penting seperti xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll. 
  • Senyawa-senyawa penting seperti :
    - Terpenoid.

    berperan dalam proses sintesi organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

    - Scolopetin

    Anti peradangan dan anti alergi yg sangat efektif
     
  • Zat anti bakteri
    Sari buah mengkudu mengandung zat anti bakteri, Zat-zat ini berperan pentin dlm mematikan sejumlah bakteri penyebar infeksi seperti ; Pseudomonas aeruginosa, staphylococcus aureus, protens morganii, escherichia coli dan bacillus subtilis
  •  Selain itu, zat anti bakteri buah mengkudu juga dapat mengontrol bakteri pathogen seperti s . scotmuelleri, Shigella dusenteriae, S . typhi, S . flexnerii, Salmonella montivideo, staphylococcus aureus, dan s . pradysenteriae. 
  • Zat anti kanker
    Zat ini berperan efektif dlm melawan sel-sel abnormal
     
  • Zat asetil
    Berperan dalam mematikan kuman
     
  • Zat moridon
    Berperan dalam melancarkan buang air besar
     
  • Zat soranjidiol
    Berperan dalam melancarkan buang air kecil
     
  • Zat terpenes
    Dapat meramajakan sel-sel pd tubuh
     
  • Zat hipokelemestik
    Berperan dalam menurunkan kolesterol dlm darah


Manfaat Buah Mengkudu

1. Menyembuhkan Hipertensi
2 buah mengkudu dicuang bijinya, diparut. Sebuah mentimun diparut dan diperas. Tuangkan air mentimun ke ramuan mengkudu, beri gula aren dan 2 gelas air panas. Saring. Ramuan ini diminum untuk 3x sehari

2. Menyembuhkan Cacing Gelang
2 buah mengkudu masak dicuci, diparut. Beri sesendok makan garam. Peras dengan kain. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

3. Melancarkan Air Seni
Sama dengan resep no. 2.

4. Menyembuhkan Batuk
2 buah mengkudu masak dicuci, diparut, lalu diperas. Beri gula batu secukupnya dan sedikit air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini 3x sehari.

5. Menyembuhkan Diabetes
Beberapa helai daun mengkudu dicuci lalu direbus sampai matang. Daun ini dimakan sebagai lalap.

6. Menyembuhkan Radang Usus
2 buah mengkudu matang dicuci, lalu dilumatkan. Peras, beri madu secukupnya. Minum ramuan ini 2x sehari.

7. Meyembuhkan Diare Pada Anak
2 helai daun mengkudu dicuci, lalu diolesi minyak gireng, dan garang di atas api sampai layu. Tempelkan sehelai di perut, sehelai di punggung. Bebat dengan gurita.

8. Menyembuhkan Kulit Bersisik

1 buah mengkudu matang diremas-remas lalu digosokkan pada kulit yang bersisik. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

9. Menyembuhkan Hepatitis
2 buah mengkudu masak diparut lalu diperas. Campur dengan gula batu secukupnya. Minum ramuan ini 2x sehari.

10. Menyembuhkan Eksem
Cuci 1 buah mengkudu, sedikit kulit pohon mengkudu, akar mengkudu lalu rebus bersama. Setelah dingin, dipakai untuk memcuci eksem.

11. Menghilangkan Ketombe
2 atau 3 buah mengkudu matang dilumatkan dan diberi sedikit air. Peras. Airnya dikapai untuk keramas. Biarkan selama kira-kira 5 menit. Bilas dengan air bersih. Boleh memakai sampo untuk menghilangkan baunya.

12. Menyembuhkan Encok Dan Pegal Linu
Cuci 5 helai daun mengkudu yang agak besar, lalu olesi dengan minyak kelapa. Garang di atas api sampai layu. Panas-panas tempelkan ke bagian yang sakit.

13. Menyembuhkan Masuk Angin
Rebus 1 buah mengkudu, sepotong rimpang lengkuas dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

14. Menyembuhkan Radang Tenggorok Dan Amandel
Sama seperti resep no. 5. Namun, setiap setengah jam sekali berkumurlah dengan air ramuan tsb.

Mari kita  manfaatkan alam yang berisi keanekaragaman herbal yang berasal tumbuhan,  tanaman atau buah ini untuk  mengobati suatu penyakit dengan cara alami yang lebih efektif dan tidak menimbulkan efek samping negatif bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar