Kamis, 06 April 2017

Manfaat Daun Pandan



Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.
Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan memiliki akar tunggang yang menopang tumbuhan ini bila telah cukup besar. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.


Kandungan Daun Pandan
Alkaloida
Saponin
Flavonoida
Tannin
Polifenol
zat warna

Manfaat Daun Pandan Dan Cara Pengolahan

Mengobati Reamatik
Reamatik adalah sebuah penyakit yang umumya diderita oleh orang tuah hal ini dapat bisa di atasi dengan cara mengonsumsi daun pandan.
Caranya : Ambil  3 lembar daun pandan segar , cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian seduhkan dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah didihkan sambil di aduk secara merata . setelah dingin lalu gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

Mengobati Pegal linu
Bagi pekerja keras biasanya sering mengalami badan pegal linu , Namun jika di dekat rumah anda terdapat tanaman pandam bisa mengobati untuk mengobati pegal linu
Caranya : sediakan  5 lembar  daun pandan yang segar dan  20 lembar  daun serai , cuci hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan  1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian hinga secara merata . dan lakukan juga pengosonga atau di urut pada bagaian yang linu.

Mengobati lemah saraf
Kandungan yang terdapat dalam daun pandan ternyata mampu mengobati lemah saraf yang sangt lah ampuh
Caranya : ambil 3 lembar daun panda yang wangi dan segar lalu cuci hingga bersih dan kemudian potong  dan haluskan . lalu rebus hingga mendidih setelah dingin lakukan penyaringan dan di minum  2 kali dala satu hari

Menurunkan Tekanan darah Tinggi
Kandungan yang terdapat pada daun pandan mampumengatasi  bagi yang menderita menderita tekanan dara tinggi ( hipertensi ).
Caranya : ambil 2 lembar daun pandan wangi dan juga segar dan kemudian di rebus mendidih kemudian dinginkan dan saring kemudian minum ramuantersebut dua kali dalam satu hari.

Menambah nafsu Makan
Kandungan ini mampu menambah nafsu makan yang lagi kurang .
Caranya : ambil 2c l2mbar daun pandan cucih dann bersihkan kemudian potong dann rebus hingga mendidih dan seterlah dingin lakukan penyaringan dan di minum secara rutin .

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat daun pandan yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Caranya : ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

Mengatasi Rasa Gelisah
Aroma daun pandan memberikan efek tenang bagi anda,nah jika anda sedang tempramen, atau gelisah, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan menggunakan daun pandan.
Caranya : ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

Mengobati Lemah Syahwat
Nah, ini dia manfaat daun pandan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, bagi anda yang mengalami lemah syahwat, ternyata bisa diatasi dengan menggunakan herbal daun pandan.
Caranya :  ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Mibum ramuan tersebut dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur.

Membasmi Panu
Anda memiliki panau? Panu atau panau mungkin tidaklah berbahaya, namun memberikan rasa gatal yang mengganggu, jika tidak segera diatasi panau biasanya akan menyebar ke seluruh bagian tubuh kita. Anda bisa mengatasi panau dengan menggunakan daun pandan.
Caranya : haluskan satu genggam daun pandan segar lalu peras dan ambil airnya, kemudian campurkan garam pada air hasil perasan tersebut dan minum satu hari satu gelas selama tiga hari secara rutin.

Mengatasi Ketombe
Ini dia manfaat daun panda untuk kecantikan yang pertama, yaitu mengatasi atau menghilangkan ketombe.
Caranya : sediakan 10 lembar daun pandan wangi dan haluskan dengan mengunakan blender, setelah halus tambahkan setengah cangkir air dan aduk rata.lalu bilaskan ke semua area rambut dan kulit kepalanya, biarkan selama 30 menit sampai kering, setelah kering bilas dengan air bersih. Di anjurkan lakukan setiap kali mau mandi sampai ketombe di rambut anda hilang.

Menghitamkan Rambut
Dalam islam, kita dilarang mewarnai rambut dengan warna hitam. Nah kita bisa mempertahankan warna hitam rambut dengan menggunakan daun pandan.
Caranya : ambil 10 lembar daun pandan dan rebus dengan air sebanyak 1 liter, tunggu beberapa menit sampai airnya berubah warna menjadi hijau. Akat dan diamkan semalaman penuh. Keesokan harinya ketika anda mau mandi, sebelum ramuan tersebut di keramaskan tambahkan terlebih dahulu dengan perasn buah mengkudu sebanyak 4 buah yang sudah mateng.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan ramuan tersebut seminggu 3 kali secara rutin.

Mengatasi Rambut Rontok
Anda mengalami rambut rontok? Selama ini anda mengatasinya dengna cara apa? Nah, ternyata daun pandan wangi berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok.
Caranya : ambil 2 helai daun pandan, 12 helai daun waru muda yang baru di petik dari tangkainya, 1 genggam daun urang-aring, 7 helai daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan tersebut cuci terlebih dahulu sampai  bersih kemudian masukkan ke dalam panci, lalu Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri dan rebus sampai mendidih dan saring untuk di ambil cairanya.
Caranya : oleskan ramuan yang tadi anda buat pada seluruh area rambut dan kulit kepala secara rata, setelah itu bungkus sama handuk aga basah dan hangat, diamkan sampai menjelang pagi dan bilas hingga bersih ketika mandi pagi. Di anjurkan lakukan secara rutin ketika mau tidur minimal 2 kali dalam seminggu

Mengatasi Sembelit
Untuk mengatasi sembelit
Caranya : mengkonsumsi jus daun pandan pada siang dan malam. Selain itu, teh daun pandan juga dapat digunakan untuk mengatasinya. Anda dapat merebus beberapa daun pandan, lalu minum airnya saat udah hangat.

Mengatasi Keram Perut
Anda sering mengalami keram di perut? Atasi dengan menggunakan herbal daun pandan
Caranya : membuat teh daun pandan atau jus pandan. Tanaman ini sebetulnya sangat dikenal dikarenakan baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

Menurunkan Demam
Turunkan demam atau panas anak dengan menggunakan daun pandan, selain untuk anak juga bisa untuk orang dewasa, teh daun pandan juga biasa dianjurkan buat dikonsumsi saat seseorang mengalami demam. Dengan mengkonsumsi teh daun pandan maka dapat menurunkan demam dengan segera.

Menetralkan Racun
Duan pandan juga bermanfaat untuk menetralkan racun dalam tubuh kita. Teh daun pandan bisa menetralkan racun di dalam tubuh kita, selain untuk menetralkan racun, daun pandan juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh.

Mencegah Kanker
Ini salah satu rahasia sehat alami yang bisa anda terapkan, dengan mengonsumsi air pandan secara teratur bisa juga membantu dalam proses penyembuhan kanker,dikarenakan daun pandan bisa buat membatasi kerja dari zat karsinogen.

Sebagai Obat Penenang
Sebagaimana yang sudah di atas, aroma daun pandan bersifat menenangkan, nah Jika kesulitan tidur, manfaat daun pandandengan kandungan zat taninnya memberikan efek ketenangan seperti pada manfaat coklat, sehingga dapat membantu cepat tidur.
Caranya : daun pandan sebanyak dua lembar cuci dan iris kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas. Saring daun pandan setelah air dingin dan minum seduhan sekaliggu. Lakukan dengan teratur dua kali sehari.

Daun pandan memang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan daun pandan untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar