Jumat, 07 April 2017

Manfat Daun Salam


Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum.
Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayur mayur, maupun nasi. Daun ini dicampurkan dalam keadaan utuh, kering atau pun segar, dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang. Rempah ini memberikan aroma herba yang khas namun tidak keras. Di pasar dan di dapur, salam kerap dipasangkan dengan laos alias lengkuas.



Kandungan Daun Salam

  • Antioksidan
    Kandungan antioksidan pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit.
     
  • Rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien
    Empat kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, serta mencegah penyakit kanker.
  • Flavonoid
    Senyawa lain berupa flavonoid pada daun salam berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.
  • Asam laurat
    Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga.
  • Vitamin
    Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C.

Manfaat Daun Salam Dan Cara Pengolahan

Menyembuhkan Diabetes
Segenggam daun salam dicuci, direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Setelah agak dingin diminum. Minum 3x sehari masing-masing 1/3 bagian.

Menyembuhkan Sakit Maag
20 helai daun salam dicuci, direbus dengan 0,5 l air bersama gula aren. Saring. Minum setiap hari.

Menyembuhkan Kudis Atau Gatal
15 helai daun salam dicuci lalu dilumatkan dan balurkan ke tempat yang gatal.

Mengobati diare
yaitu dengan mengambil 15 gram daun salam, cuci bersih, lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, ramuan tersebut, disaring, kemudian diminum.

Mengobati asam urat
caranya dengan mengambil 10 lembar kering, cuci sampai bersih dan rebus dalam 10 gelas air hingga tersisa sekitar 7 gelas. Saring air rebusan, dan minum selagi hangat.

Mengobati batuk
caranya menyiapkan 7 lembar daun salam kering, 1 buah lemon atau jeruk nipis, dan 3 sendok makan madu. Lalu rebus daun salam dalam dua gelas air. Tunggu hingga mendidik sampai air rebusannya hanya tersisa setengahnya saja, tunggu hingga dingin dan campurkan madu serta air perasan le Memon. Minum ramuan ini secara teratur selama masih batuk.

Mengobati kencing manis
caranya sangat sederhana yaitu dengan mengambil 7 lembar daun salam, lalu cuci hingga bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, ramuan tersebut disaring, dibagi untuk 2 kali minum.

Mengobati penyakit maag
bisa diatasi dengan cara mengambil 15-20 lembar daun salam, lalu dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

Mengatasi hipertensi atau darah tinggi
yaitu dengan mengolah daun salam menjadi teh dengan cara cuci 10 lembar daun salam (kering atau basah), rebus dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas air saja. Minum secara teratur satu kali sehari.

Mengobati penyakit kulit
Caranya mudah yaitu dengan mengambil daun atau kulit batang atau akar dari pohon salam, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.

Menurunkan kolesterol
yaitu dengan cara ambil 7 lembar daun salam dan 30 gram daun cermai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur.

Mabuk karena minum alcohol
Caranya mudah yaitu dengan mengambil 1 genggam buah salam yang sudah masak, kemudian cuci hingga bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari daun salam ini. Membuat air rebusan daun salam setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diingat air rebusan daun salam hanya bisa digunakan sekali saja, jangan rebus daun salam beberapa kali karena dapat mengurangi mineral yang ada pada daun salam. Manfaat daun salam bisa Anda rasakan jika meminumnya setiap hari dan merebus daun salam segar sekali saja.

Selain itu, untuk keperluan pengobatan herbal, Anda juga bisa mencampur daun salam dengan bahan-bahan alami lain, seperti daun cincau, untuk mengurangi kemungkinan bahaya daun salam terhadap kesehatan. Konsultasi pada ahli herbal dalam hal ini juga akan sangat membantu Anda, semisal untuk mencari informasi mengenai bahan herbal lain untuk memperlemah bahaya daun salam seperti daun cincau. Atau jika tidak, Anda bisa memasak obat herbal dengan cara tradisional, yakni dengan menggunakan kuali dengan bahan dasar tanah liat, bukan berbahan aluminium seperti yang banyak ditemui belakangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar