Rabu, 12 April 2017

Daun Gambir



Daun gambir sudah dipercaya sebagai daun yang berkhasiat dalam menyehatkan tubuh. Tanaman gambir sendiri tumbuh dengan subur dengan cara merambat. Anda perlu berhati-hati dengan tanaman ini karena hampir di semua bagian tanaman memiliki cukup banyak duri yang tajam. Daun gambir bentuknya oval dan runcing di bagian ujungnya. Bunga gambir memiliki penampilan yang cantik dengan warna pink pada bagian mahkotanya.



Kandungan Daun Gambir

Kandungan Kimia :
  • Katekin
  • Kuersetin
  • Zat Samak Katekin
  • Merah Katekin 
  • Lendir
  • Lemak.
Kandungan Utama Gambir:
  • flavonoid (terutama gambiriin)
  • katekin (sampai 51%)
  • zat penyamak (22-50%)
  • serta sejumlah alkaloid (seperti gambir tannin dan turunan dihidro- dan okso-nya)
Selain itu gambir dijadikan obat-obatan modern yang diproduksi negara jerman, dan juga sebagai pewarna cat, pakaian.


Manfaat Daun Gambir

1. Obat Diare
Pada jaman dulu sisi tanaman gambir banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk diare yaitu di bagian daun serta ranting.
Caranya : Daun serta ranting yang telah dikeringkan, lalu dihaluskan serta dimanfaatkan sebagai bahan teh untuk minuman. Melalui suatu riset ternyata terbukti bahwa sisi daun serta ranting mengandung beberapa bahan bakteri yang dapat menyerang bakteri buruk pemicu diare di bagian usus besar.

2. Untuk Menyirih
Menyirih yaitu sebuah aktifitas untuk kunyah sisi batang serta daun gambir yang dipercaya dapat menguatkan gigi. Bahan gambir akan meninggalkan warna kemerahan di bagian gigi tetapi, terbukti gigi tak mudah rapuh, tak berlubang serta sehat. Tetapi sampai saat ini belum di ketahui dampak yang sebenarnya. Kebiasan ini telah ditinggalkan anak muda karena sisa warna merah pada gigi sulit untuk di hilangkan.


3. Sumber Antioksidan
Daun gambir mengandung suatu bahan senyawa kimia yang dimaksud dengan katekin. Katekin yaitu salah satu sumber manfaat antioksidan alami yang dapat menyerang sistem yang terkena radikal bebas. Senyawa ini dapat dipercaya sebagai komponen alami untuk menyerang beragam jenis penyakit. Beberapa negara yang meyakini perawatan ini yaitu seperti India serta Pakistan.

4. Memudahkan Proses Menyamak Kulit
Sejak jaman dulu manfaat gambir juga sudah dimanfaatkan sebagai bahan untuk memudahkan proses penyamakan kulit. Daging kulit binatang tertentu seperti ular, ikan, buaya serta beragam jenis hewan lain banyak digunakan untuk produk aksesoris serta garmen. Bahan gambir membuat sistem penyamakan menjadi lebih cepat serta membuat kulit yang dihasilkan tak cacat.

5. Pewarna Produk Tekstil Tradisional
Sejak warna merah yang dihasilkan pada gigi saat menyirih dapat tinggal dalam waktu yang sangatlah lama, jadi beberapa pakar meningkatkan teknik pewarnaan gambir dengan cara tradisional. Cara untuk memeras atau menumbuk daun serta batang kecil gambir ternyata, dapat meninggalkan warna merah untuk beragam jenis benang serta bahan kapas. Warna merah yang dihasilkan akan lebih tajam serta dapat di gabung dengan warna lain. Bahkan saat ini beberapa pengrajin batik mulai memakai gambir untuk memberi warna kain batik.

6. Obat Masalah Mulut
Beragam jenis masalah atau penyakit mulut seperti sariawan, bibir kering, serta luka gusi ternyata dapat juga sembuh dengan gambir. Sejarah gambir untuk mengatasi beragam keluhan ini memang tak dapat dilepaskan dari kebiasaan menyirih orangtua pada masa dulu. Beragam jenis bahan senyawa yang ditemukan pada gambir dapat mengatasi beragam keluhan mulut. Caranya hanya denga mengunyah atau menempelkan tumbukan gambir di bagian yang terluka.

7. Menyembuhkan Luka Bakar
Luka bakar sering meninggalkan sisa hitam atau lapisan kulit luar yang menggelembung serta tersisa rasa perih. Untuk mempercepat sistem pengobatan maka dapat menggunakan bahan gambir. Daun gambir yang telah ditumbuk atau dihaluskan dapat ditempelkan di bagian luka bakar. Efek dingin yang dihasilkan dapat membuat luka bakar cepat sembuh serta meminimalkan sisa luka.

8. Obat Jerawat
Gambir dapat juga dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Gambir yang telah di proses menjadi bentuk ektrak yang lalu dipadatkan akan di proses lagi menjadi masker. Kandungan antioksidan dalam gambir dapat bikin luka jerawat serta jerawat sembuh tanpa meninggalkan sisa luka. Penggunaan obat jerawat selama 2 x dalam satu minggu juga tak meninggalkan dampak samping untuk jerawat.


9. Mencegah Penuaan Dini
Beragam jenis permasalahan penuaan dini akan mengakibatkan timbulnya bintik hitam, kulit yang berkerut serta kulit akan lebih kusam. Ekstrak manfaat gambir yang telah dibuat menjadi masker dapat menjadi perawatan tradisional yang alami untuk membuat semua gejala penuaan dini hilang. Gambir akan membuahkan kulit yang lebih kencang, cerah serta segar. Gambir dapat dimanfaatkan sebagai bedak dingin seperti ekstrak bahan beras putih.

10. Obat Penyakit Lambung/Maag
Penyakit maag menyerang sisi lambung. Penyakit ini sering ditandai dengan sakit perut melilit serta perih bila di isi makan. Sakit lambung atau sakit maag dapat disebabkan karena pola makan yang tidak teratur serta mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Untuk menyembuhkan penyakit maag dapat memanfaatkan ekstrak gambir yang telah dihaluskan dari gambir kering. Campur gambir dengan sedikit air dan madu serta mengkonsumsi selama 2 x dalam seminggu.

Menjaga kesehatan memang sangat penting, dengan cara hidup sehat olahraga dan mengkonsumsi makanan dan minum yang kaya gizi dan serat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar