Jumat, 14 April 2017

Daun Kelor



Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.
Daun kelor sudah dianggap juga sebagai tanaman ajaib yang bisa dipakai sebagai obat herbal semua penyakit. Kandungan vitamin C daun kelor semakin banyak dari sayur ataupun buah lainnya. Di luar itu, kandungan vitamin A serta potasium dalam daun kelor sangatlah tinggi.



Kandungan Daun Kelor

Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C
Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.

Daun kelor mengandung potassium
Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang.

Daun kelor kaya akan Vitamin A
Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare,dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel.

Daun kelor mengandung kalsium
Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu. Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatandiabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Manfaat Dan Cara Pengolahan Daun Kelor

Mengobati pega linu, reumatik, asam urat dan nyeri sendi
Hal ini dikarenakan, daun kelor memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, fosfor, vitamin dan kandungan nutrisi lainnya.
Cara pengolahannya yaitu :
Pertama-tama siapkan beberapa bahan seperti  3 tangkai daun kelor dan ½ sendok makan kapur sirih, lalu kedua bahan tersebut dihaluskan dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit atau nyeri. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari setiap hari.

Mengobati sakit kuning
Untuk mengobati sakit kuning, anda dapat melakukan cara berikut ini.
Cara pengolahannya yaitu :
Siapkan 1 gagang daun kelor, 1 gelas air kelapa dan 1 sendok makan madu. Setelah itu, bersihkan 1 gagang daun kelor, lalu haluskan sampai benar-benar halus. Kemudian masukan kedalam air kelapa dan tambahkan madu, aduk hingga tercampur merata dan saring airnya. Setelah itu, minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari.

Dapat mengobati rabun ayam
Caranya yaitu :
Siapkan 1 gagang daun kelor, 1 gelas air panas dan madu secukupnya. Setelah itu, cuci bersih daun kelor, lalu haluskan dan seduh dengan air panas yang telah disiapkan sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah agak dingin, tambahkan madu sesuai selara dan minum secara rutin dan teratur setiap hari 2 kali sehari.

Menghilangkan jerawat
Caranya yaitu :
Pertama-tama siapkan daun kelor secukupnya, lalu bersihkan dengan air mengalir. Setelah itu, haluskan dan oleskan pada kulit wajah yang berjerawat yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat. Diamkan selama 20 menit hingga masker mongering, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur sampai jerawat hilang, cara ini juga sekaligus membuat kulit wajah bersih, halus dan bercahaya.

Mengobati gatal-gatal akibat alergi dan gigitan serangga
Caranya yaitu :
Tumbuk halus daun kelor secukupnya, lalu tambahkan sedikit minyak kelapa. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang gatal, diamkan beberapa saat hingga rasa gatal hilang dan bersihkan dengan lap hangat.

Daun kelor memang sangat populer di mancanegara ataupun di dalam negeri. Beragam penyakit dapat diobati dengan daun kelor. Selain bisa menyembuhkan beragam penyakit, daun kelor juga sangatlah baik untuk dikonsumsi setiap hari.
Faedah daun kelor yang dikonsumsi setiap hari yakni bisa meningkatkan kekebalan tubuh hingga tubuh tak gampang sakit. Selain itu, kelor dapat juga tingkatkan kekebalan tubuh dari beragam virus yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar