Senin, 17 April 2017

Khasiat Daun Pepaya



Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Disamping dapat diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia.  Apabila daun pepaya dilipat tepat di tengah, maka akan nampak bahwa daun pepaya berbentuk simetris.

 
Kandungan Daun Pepaya

  • Vitamin A 18250 SI 
  • Vitamin B1 0,15 miligram 
  • Vitamin C 140 miligram 
  • Kalori 79 kal 
  • Protein 8,0 gram 
  • Lemak 2,0 gram 
  • Hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram 
  • Kalsium 353 miligram 
  • Air 75,4 gram


Manfaat Dan Cara Pengolahan

Menyembuhkan Malaria
Beberapa helai daun pepaya dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minumsedikit-sedikit sepanjang hari, sampai habis.

Menyembuhkan Flu
Cuci 2 atau 3 helai daun pepaya muda, lalu lumatkan, peras, dan beri sedikit garam. Diminum 2x sehari untuk anak-anak, 4x sehari untuk dewasa.

Menyembuhkan Cacing Gelang
2 sendok biji pepaya dilumatkan lalu diseduh dengan 1/2 gelas air. Tambahkan 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat, 1x sehari.

Menambah Nafsu Makan
Sehelai daun pepaya dicuci. Lumatkan dengan sedikit garam dan beri air sedikit demi sedikit, kira-kira 1/4 gelas. Peras. Airnya diminum sekaligus.

Mencegah Demam Nifas
Sehelai daun pepaya muda dicuci, diiris-iris lalu direbus dengan sedikit gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama dua hari berturut-turut.

Melancarkan Air Seni Dan Mengeluarkan Batu Ginjal
3 jari akar pepaya dipotong-potong, lalu direbus dengan 4 air sampai airnya tinggal setengah. Setelah agak dingin, disaring. Diminum 3x sehari, masing-masing 3/4 gelas. Supaya lebih enak, tiap kali beri sesendok madu.

Menyembuhkan Hipertensi
Parut sebuah pepaya muda, peras. Airnya diminum 2x sehari. Ulangi selama 3 hari.

Menyembuhkan Sariawan Dan Sembelit
Makan buah pepaya segar 3x sehari.

Menyembuhkan Keputihan
Sehelai daun pepaya dicuci, diiris halus-halus, ditambah dengan 50 g akar alang-alang yang sudah dicuci bersih, sedikit pulasari, direbus dengan 1,5 l air. Setelah mendidih, disaring lalu diminum 1x sehari satu gelas.

Menyembuhkan Diare
Keringkan segenggam biji pepaya lalu tumbuk sampai halus. Seduhkan biji pepaya tersebut seperti menyeduh teh. Minum 3x sehari, 1 gelas.

Menyembuhkan Jerawat
Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua. Lumatkan sambil diberi sedikit air. Peras. Oleskan sarinya pada jerawat.

Melancarkan Haid
2 helai daun pepaya dicuci, ditumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air. Peras. Beri sedikit garam. Minum sekaligus 1x sehari.

Melancarkan ASI
Beberapa helai daun pepaya dicuci dan dilayukan di atas api. Hangat-hangat ditaruh di sekeliling payudara.

Menyembuhkan Jengkolan
1/2 tangkai daun pepaya, 10 helai daun kacang panjang, 6 tangkai daun singkong dicuci dan dilumatkan. Tambahkan 1/2 gelas air matang. Peras. Saat akan diminum beri 1 sendok makan madu. Minum ramuan ini 2x sehari.

Menyembuhkan Digigit Serangga Berbisa
5 jari akar pepaya dicuci, dilumatkan. Tempelkan ramuan ini pada bagian yang sakit dan balut dengan perban.

Menyembuhkan Luka Bakar
1 buah pepaya muda, dicuci, digores-gores agar getahnya keluar. Oleskan getah tersebut pada luka.

Mengeluarkan Pecahan Kaca
Beberapa daun pepaya dicuci bersih lalu dilumatkan dan diberi sedikit garam. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terkena pecahan kaca lalu balut. Pecahan kaca akan keluar dan lukanya akan mengering.

Menyembuhkan Kutil
Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali. Cara ini bisa juga dipakai untuk mengobati luka kecil.

Menyembuhkan Rambut Beruban
Jemur 2 sendok makan biji pepaya sampai kering. Setelah itu, disangrai sampai hangus. Tumbuk sampai halus. Campur dengan sedikit minyak kelapa dan aduk sampai rata. Oleskan ramuanini pada kulit kepala yang sudah dikeramas. Digunakan sebelum tidur.

Menyembuhkan Tumit Pecah-Pecah
Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah. Biarkan 1/4 jam lalu cuci kaki. Lakukan 1x sehari.

Menyembuhkan Sakit Gigi
Getah pepaya muda diteteskan ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas.

Perhatian Meskipun jus daun pepaya sangat berkhasiat dan memberikan bermanfaat bagi kesehatan , namun harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, jus ekstrak ini tidak boleh dikonsumsi bersama dengan stimulator tiroid atau Co – enzim Q10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar