Rabu, 05 April 2017

Manfaat Tebu



Tebu (bahasa Inggris: sugar cane) adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra.

Untuk pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan gula 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air.

Daun tebu yang kering (dalam bahasa Jawa, dadhok) adalah biomassa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi. Ibu-ibu di pedesaan sering memakai dadhok itu sebagai bahan bakar untuk memasak; selain menghemat minyak tanah yang makin mahal, bahan bakar ini juga cepat panas. Dalam konversi energi pabrik gula, daun tebu dan juga ampas batang tebu digunakan untuk bahan bakar boiler, yang uapnya digunakan untuk proses produksi dan pembangkit listrik.


 Kandungan Tebu

Octacosanol
Senyawa octacosanol memiliki khasiat menurunkan kadar kolestrol dalam darah, menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh serta memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh National Center for Scientific Research, Havana, Kuba, menyatakan bahwa senyawa sejenis alkohol rantai panjang ini mampu menekan sintesa kolesterol yang diproduksi di dalam hati.
Hal ini ditunjukkan dari adanya pengaturan enzim reduktase HMG-CoA yang membatasi laju sintesa kolesetrol. Mengonsumsi octacosanol dalam waktu jangka panjang efektif menurunkan dan mengontrol kolesterol darah tanpa efek samping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian octacosanol 10 mg per hari terbukti menunjukkan penurunan total kolesterol darah 17,5% dan LDL-kolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL-kolesterol meningkat 11,3%.

Saccharant - senyawa antidiabetik
Gula tebu menjadi momok bagi penderita diabetes. Pasalnya gula tersebut tidak baik bagi penderita diabetes karena kandungan glukosa dalam senyawa sukrosa tersebut mudah dipecah oleh tubuh. Sehingga adakalanya harus menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti. Akan tetapi lain halnya dengan kandungan gula dalam air tebu. Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek antidiabetik. Air tebu mengandung ‘saccharant’ (bukan saccharine), suatu senyawa jenis polisakarida non-pati yang berkhasiat sebagai antidiabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa polisakarida itu pecah saat proses pemanasan menjadi disakarida yang kita kenal sebagai saccharosa (sukrosa), senyawa pencetus diabetes. Inilah yang membedakan air tebu dengan gula pasir.

Asam Lemak
Kandungan asam lemak seperti asam linoleat (36,1%), asam palmitat (25,0%), asam oleat (10,2%), asam linolenat (6,9%) dan asam arachidat (7,6%) pada air tebu memiliki efek anti radang dan analgetik (obat penghilang nyeri) (Whyte dan Hengeveld, 1950). Itulah mengapa tanaman gula ini bisa dijadikan obat tradisional multifungsi. Secara tradisional, masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptik, pengencer dahak dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kanker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka. Air tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor di bagian perut.

Manfaat Tebu

Obat penyakit kuning
Apa itu penyakit kuning? Penyakit kuning adalah sebuah kondisi dimana kulit menjadi agak kekuningan karena warna pigmen kulit dan membran jadi kuning akibat hadirnya billiburin dalam darah. Pemicu penyakit kuning diawali dengan tidak efektifnya kinerja hati. Karena air tebu memiliki kehebatan untuk mengembalikan fungsi hati agar kembali optimal dan kuat menjadikan dirinya sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kuning.

Menyembuhkan infeksi
Pada air tebu terdapat sifat anti-infeksi yang bertugas untuk menyembuhkan beberapa jenis infeksi seperti infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual dan peradangan bagian perut. 

Mengusir batu ginjal
Batu ginjal terbentuk karena tubuh kekurangan cairan atau istilah medisnya dehidrasi. Disaat tubuh terhidrasi, Anda bisa menyuplai cairan kedalam tubuh menggunakan air tebu yang secara alami berkhasiat juga untuk menghancurkan batu ginjal.

Obat flu dan pilek
Terkandung beberapa senyawa penting pada air tebu yang dapat menyembuhkan flu, pilek dan sakit tenggorokan dengan waktu cukup singkat. Jadi, jangan Anda kira bahwa air tebu menjadi penyebab sakit tenggorokan karena justru dia yang mampu menyembuhkan tenggorokan yang gatal.

Cocok untuk penderita diabetes
Cita rasa manis dalam perasan tebu sifatnya adalah alami. Jadi, air tebu sangat cocok untuk ANda yang menderita penyakit diabetes. Ketika sedang haus dan ingin minum yang manis-manis, ingat saja air tebu karena kandungan manis alaminya tak membahayakan penyakit diabetes.

Mencegah kanker
Tersimpan kandungan khusus bernama alkali didalam air perasan tebu yang berkemampuan hebat dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara dan kanker paru-paru yang kesemua jenis kanker tersebut bisa merenggut nyawa seseorang.

Kesehatan Gigi
Di negara India, tebu dikonsumsi untuk kesehatan gusi dan gigi. Cara mengkonsumsinya adalah meminum ekstrak dari sari tebu yang ditambahkan dengan  jeruk nipis dan garam. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekuatan pada gigi dan gusi.

Kesehatan Jantung
Mengkomsumsi air tebu secara teratur dapat menjaga metabolisme tubuh kita dari kekurangan cairan karena banyak kegiatan yang sudah dilakukan sehingga dapat terhindar dari stroke. Dengan banyaknya kandungan karbohidrat sehingga dapat menambah kekuatan jantung, mata, ginjal dan otak.

Pencegahan Penyakit
Air tebu dapat dimanfaatkan sebagai pencegah sakit tenggorokan dan mencegah sakit Flu karena dapat menjaga metabolisme badan kita. Tebu memiliki sifat alkali  (bersifat reaktif dan termasuk zat pereduksi kuat) sehingga dapat membantu mencegah kanker payudara dan prostat.

Penyembuhan penyakit
Tebu dapat membantu dalam pengobatan penyakit kuning karena memberikan kekuatan untuk hati yang menjadi lemah selama penyakit kuning. Membantu dalam menjaga aliran air seni dan juga membantu ginjal untuk menjalankan fungsi mereka dengan baik.

Mencegah Dehidrasi
Ketika musim kemarau tiba maka tubuh akan banyak kekurangan cairan seperti mineral. Untuk mengatasinya kamu dapat mengkonsumsi air tebu yang kaya akan kandungan cairan mineral. Kandungan mineral yang terdapat pada tebu contohnya seperti kalium, zat besi, kalsium, magneesium, dan kandungan elektrolit alami. Dengan itu tubuh akan mendapatkan energi ekstra dan membantu tubuh terkena dehidrasi.

Mencegah Penyakit Stroke
Minumlah air tebu secara rutin paling tidak dua kali dalam seminggu, hal itu akan membantu memnuhi kebutuhan cairan pada tubuh akibat padatnya aktivitas yang kamu lakukan seharian ini. Sehingga tubuh akan terbantu agar terhindar dari penyakit stroke.

Itulah manfaat air tebu dan khasiat, minuman ini baik untuk kesehatan yang harus kamu ketauhi. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu wawasan anda dalam menjaga kesehatan di tengah kondisi cuaca yang tidak mendukung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar