Jumat, 03 Maret 2017

Tanaman Obat Kanker

Di Indonesia sangat banyak jenis jenis tanaman yang kaya manfaat. Tanaman-tanaman tersebut mampu di olah menjadi obat herbal yang mampu menyembuhkan penyakit dari kelas ringan hingga kelas berat sekalipun, bahkan mengobati penyakit kanker, karena tanaman herbal bebas dari bahan kimia. 



Bahan Bahan Alami Yang Dapat Menyembuyhkan Penyakit Kanker :


Kulit Manggis 
Beberapa peneliti di Indonesia sudah menguji tentang khasiat dari kuliot manggis yang bermanfaat untuk pengobatan. Menurut Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt, kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone ialah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin, dan antiinflamasi. Molekul biologi aktif ini memiliki struktur cincin 6 karbon dan kerangka karbon rangkap, sehingga sangat stabil. Di alam ada 200 jenis xanthone, sejumlah 50 di antaranya ditemukan di kulit manggis



Daun Tapak Dara
Bunga dan daunnya berpotensi menjadi sumber obat untuk leukemia dan penyakit Hodgkin. Kandungan bahan kimianya adalah vincristine, vinblastine, reserpine, ajmalicine, dan serpentine. Kandungan lainnya adalah catharanthine, leurosine, norharman, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, vindolinine, akuammine, vincamine, vinleurosin, dan vinrosidin. Berbagai alkaloid ini beracun. Tanda-tanda keracunan tapak dara adalah demam, loyo, dan muntah-muntah dalam tempo 24 jam. Tanda-tanda yang lain adalah neuropati, kehilangan refleks tendon, berhalusinasi, koma, dan kematian.
 


Mengkudu
Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
Daging buah banyak mengandung air yang aromanya seperti keju busuk atau bau kambing yang timbul karena pencampuran antara 
asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon), C10), asam kaproat (C6), dan asam kaprilat (C8). Diduga kedua senyawa terakhir bersifat antibiotik aktif.


Kunyit Putih 
Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet. Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, yang mampun di jadikan obat herbal yang berkhasiat. Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90. 

Daun Sirsak
Selain buahnya daun sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan, bahkan banyak memiliki kandungan yang untuk menyembuhkan penyaki.

Ini berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, pada masyarakat kuno daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan banyak diguinakan untuk mengobati penyakit. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Pada tahun 1976, National Cancer Institute telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh, ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

 
Bawang Putih 
Biasanya bawang putih hanya di manfaatkan untuk keperluan dapur, padahal bawang putih banyak memilikmi kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, bawang putih yang mempunyai nama ilmiah Allium sativum mengandung bahan aktif yang dapat mengobati kanker, dikenal dengan nama allicin. Penggunaan yang umum untuk bawang putih sebagai obat kanker adalah untuk kanker kolon (usus), kanker rectum (rectal cancer), kanker lambung, kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru. 

Jahe 

adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Saat ini jahe dimanfaatkan dalam pengobatan kanker karena kandungan yangdi miliki baik untuk membantu pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi, dengan efek menghilangkan pusing-pusing dan muntah-muntah. Telah banyak penelitian yang dilakukan tentang fungsi jahe dalam penyembuhan penyakit kanker.

Buah Delima

Manfaat delima tersebut bisa diperoleh dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk sari buah atau bisa juga memakan bijinya, sirup, pasta atau konsentrat delima. Secara tradisional, buah delima biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bisa mengurangi derita radang tenggorokan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Selain yang sudah disebutkan tadi, khasiat buah delima bagi kesehatan antara lain dapat untuk penyakit-penyakit seperti: gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan diabetes.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar