Jumat, 31 Maret 2017

Kayu Manis



Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas. Umumnya dimanfaatkan atau digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sebagai bumbu dapur penyedap masakan dan bahan pelengkap dalam pembuatan kue dan. Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Yakni kayu manis bisa berguna untuk menurunkan kolesterol, Karena kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobatikonstipasi atau diare.
KANDUNGAN KAYU MANIS

  • minyak atsiri
  • eugenol
  • safrole
  • sinamaldehide
  • tanin
  • kalsium oksalat
  • damar
  • zat penyamak.

Sifat kimia dari kayu manis antara lain pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi.

MANFAAT KAYU MANIS
Biasanya kayu manis hanya sebagai bahan untuk memasak makanan dan membuat roti, padahal kandungan kayu manis yang berkhasiat bisa di jadikan obat menurunkan KOLESTEROL, selain itu bisa di gunakan sebagai obat asam urat, obat tekanan darah tinggi (hipertensi), obat radang lambung atau obat maag (gastritis), tidak napsu makan, obat vertigo (sakit kepala), obat masuk angin, perut kembung, obat diare, obat muntah-muntah, obat hernia, obat susah buang air besar, obat sariwan, obat asma, obat sakit kuning, dan lain-lain.

CARA KONSUMSI KAYU MANIS
Untuk menurunkan kadar kolestrol darah yaitu tidak hanya cukup untuk dengan mengkonsumsi kayu manis saja, tetapi di imbangin dengan mengkonsumsi sayur yang banyak mengandung serat, serta olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Sebaiknya saat pengolahan kayu manis campurkan dengan madu yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh hingga lebih dari 20 persen.Campur 1 sdt madu dengan sejumput bubuk kayu manis pada teh. Minumlah dua kali sehari untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Di era modern sekarang banyak obat kimia dimana mana, tetapi masih ada beberapa masyarakat memilih menggunakan atau mengkonsumsi obat herbal dari pada obat kimia. Tetapi dengan canggihnya teknologi sekarang obat herbal pun bisa di proses lebih praktis kemasannya untuk memudahkan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar